Abi Ujang Said al-Khudri, Pendiri Pesantren Al-Khudriyah

IMG_20130701_200443 - Copy
Abi Kiai Haji Ujang Said al-Khudri, pendiri Pondok Pesantren Al-Khudriyah (dok. Ponpes al-Khudriyah, di bawah lisensi cc by-sa 3.0)

Abi Kiai Haji Ujang Said al-Khudri lahir pada tanggal 12 Desember 1954 sebagai anak kedua dari 8 bersaudara dari pasangan Abah Kiai Haji Ahmad Widara Musa dan Upi Yuningsih. Abi Lahir dari lingkungan yang sangat kental beragama di kampung Cidodol, desa Harumsari, kecamatan Cipanas, kabupaten Lebak, Banten. Semasa kecil, Abi mempunyai nama Yusuf Ardabili yang kemudian diubah oleh ibunya menjadi Ujang, dan oleh ayahnya diubah kembali menjadi Ujang Said al-Khudri.

Pendidikan keagamaan perdana seperti pengetahuan dasar bahasa Arab (nahwu-sharaf), fiqih, tauhid, dan al-Quran didapatkan dari Ayahnya, Kiai Haji Ahmad Widara yang juga merupakan pendiri dan pimpinan Pondok Pesantren Riyadlul Mubarakah Cidodol yang menghasilkan alumni-alumni berkompeten di wilayah Banten, Bogor, dan sekitarnya.

Setelah cukup dewasa, Abi Ujang kemudian diberangkatkan oleh ayahnya ke Pesantren Maribaya pimpinan Mama Kiai Haji Ahmad di Jasinga, Bogor. Ketika menuntut ilmu di Maribaya, Abi Ujang sering menempuh perjalanan beberapa kilometer dari Pasar Jasinga menuju pesantren yang saat itu belum ada angkutan umum. Semuanya ia laksanakan dengan penuh keikhlasan demi mendapatkan sebuah ilmu dari sang guru di pesantren.

Setelah beberapa tahun menuntut ilmu di Maribaya, Abi Ujang kemudian melanjutkan pendidikan keagamaannya ke Pondok Pesantren Riyadul Aliyah pimpinan Kiai Haji Mukhtar Royani di kampung Cisempur, desa Cinagara, kecamatan Caringin, Bogor. Selain menuntut ilmu kepada Mama Ahmad Maribaya dan Kiai Haji Mukhtar Royani Cisempur, Abi juga tercatat pernah berguru kepada beberapa ulama seperti Kiai Haji Ghazali bin Abuya Abdulhaq Nunggul, Kiai Haji Syahrowardi Kalongsawah, Abuya Kiai Haji Damanduri Cikadueun, Kiai Haji Muhammad Basri Kadawung, dan Habib Anis bin Alwi al-Habsyi.

1237412_624652994241803_152137262_o~01~01 - Copy
Abi Kiai Haji Ujang Said al-Khudri semasa muda (dok. Ponpes al-Khudriyah, di bawah lisensi cc by-sa 3.0)

Pada tahun 1982, sekitar usia 28 tahun Abi Ujang menikahi seorang gadis 15 tahun bernama Siti Qamariyah binti Haji Abdurrasyid asal kampung tetangga, Kadubitung. Setelah dua tahun menikah, pada tahun 1984 ia dikaruniai anak pertama yang diberi nama Ahmad Fauzy al-Khudri. Abi dan Siti Qamariyah dikaruniai 9 anak: 6 putra dan 3 putri, namun putri pertamanya meninggal di usia belia.

DSC03872~02~01
Abi Kiai Haji Ujang Said al-Khudri bersama istrinya (dok. Ponpes al-Khudriyah, di bawah lisensi cc by-sa 3.0)

Pada tahun 1995, Abi Ujang beserta istri dan anak-anaknya pindah dari Cidodol, tempat tinggal ayahnya ke Kadubitung. Mereka menempati lahan yang telah disediakan oleh Haji Abdurrasyid untuk ditempati dan didirikan pesantren. Abi Ujang kemudian mendirikan Pondok Pesantren Al-Khudriyah yang digagas bersama ayahnya di sebuah lahan bekas perkebunan milik mertuanya.

Abi Ujang mulai aktif membaca kitab Shahih Bukhari pada pengkajian rutin mingguan di Majelis Taklim Nunggul pada usia 33 tahun. Selain menghadiri pengkajian rutin mingguan di Majelis Taklim Nunggul, Abi Ujang juga mengadakan pengkajian rutin mingguan setiap selasa di Majelis Taklim Al-Khudriyah. Kitab yang dikajinya meliputi kitab Tafsir al-Jalalain, Shahih Bukhari, dan Nihayatuz Zayn.

Abi Kiai Haji Ujang Said al-Khudri meninggal di usia 63 tahun pada tanggal 26 Juli 2017 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Adjidarmo Rangkasbitung, kabupaten Lebak, Banten. Abi wafat meninggalkan seorang istri, 6 orang putra dan 2 putri.

Iklan

5 tanggapan untuk “Abi Ujang Said al-Khudri, Pendiri Pesantren Al-Khudriyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s